[Review “Petualangan Trio Ranger”] Kisah Persahabatan ala Detektif Cilik



Budi, Dios dan Voni adalah murid-murid yang paling cerdas di kelasnya, kelas 5 SD Patriot. Ketiganya adalah sahabat karib. Oleh teman-teman mereka, Budi, Dios, dan Voni dijuluki Trio Ranger. Karena mereka bertiga senang bermain dan melakukan banyak hal bersama.
Suatu hari, kelas mereka kedatangan siswa baru, pindahan dari sekolah lain. Siswa itu bernama Ferdi. Ferdi merupakan teman yang cepat akrab dengan teman-teman lainnya termasuk Trio Ranger. Hingga suatu hari, kelas mereka heboh. Kotak pensil milik Rina hilang. Kotak pensil itu bukan kotak pensil biasa. Rina mendapatkan benda kesayangannya itu dari pamannya di Singapura.
Trio Ranger segera tanggap. Mereka segera melakukan penyelidikan untuk mencari tahu keberadaan kotak pensil Rina. Dengan cara yang sangat cerdas mereka akhirnya menemukan kotak pensil Rina sekaligus menemukan pencurinya.
Dalam kisah Trio Ranger menemukan pencuri ini, penulis benar-benar membedakan antara “menuduh” dengan “menduga”. Menuduh tentu tidak sama dengan menduka. Dan dalam kisah ini, Trio Ranger lebih mengedepankan menduga daripada menuduh seseorang. Orang yang diduga mencuri kotak pensil Rina adalah teman kelas mereka sendiri. Lantas Budi, Dios, dan Voni pun melakukan penyelidikan ala detektif untuk membuktikan kebenaran dugaan mereka.
Akan tetapi setelah kasus kotak pensil Rina selesai, muncul satu kasus lagi, yaitu hilangnya buku-buku ensiklopedia di perpustakaan. Lagi-lagi mereka harus berperan sebagai detektif untuk menemukan pencurinya. Lalu, semua bukti sudah di tangan. Keseruan mengungkap misteri selanjutnyanya akan menjadi pelajaran berharga untuk dibaca oleh anak-anak usia dini.
Nilai-nilai yang terkandung dalam buku ini meliputi kejujuran, tanggung jawab, persahabatan, kerja sama, dan menghargai teman yang berbeda. Maka dari itu, buku ini sangat direkomendasikan untuk menjadi koleksi bacaan anak di rumah ataupun menjadi koleksi di perpustakaan sekolah.
Judul            : Petualangan Trio Ranger
Penulis         : Hamdani MW
Penerbit       : Lintang (Indiva Media Kreasi)
Cetakan        : I/2013
Ukuran         : 14,8 x 21 cm
Tebal            : 144 halaman
Kertas          : HVS, Soft cover
ISBN            : 978-602-1277-02-7
Harga           : Rp 28.000

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Jangan lupa tinggalkan komentar kalian, ya.
Terima kasih banyak untuk kunjungannya. :-)