Wishful Wednesday [5] – Edisi Sejarah Kotaku #2

Sebelumnya, saya ingin pamer buku baru dulu :-D hehe. Setelah mengupload Wishful Wednesday ke-4 Rabu lalu, saya browsing lagi mencari buku-buku sejarah Kab. Jember di google. Dan tanpa diduga saya menemukan sebuah buku penelitian sejarah perkebunan di Jember dijual di salah satu website jual beli online. Langsung saja saya pesan dan lakukan pembelian. Inilah bukunya. ^_^
Satu lagi koleksi buku sejarah. Dasar pecandu sejarah! Hehe
Nah, Rabu ini kembali saya akan menambahkan buku-buku sejarah dalam daftar wish buku-buku impian. Kali ini masih buku-buku sejarah Kota Jember. Tapi yang ini sedikit susah didapat. Selain merupakan naskah kuno, cetakannya pun terbatas. Entah butuh waktu berapa lama, saya harus dan pasti memilikinya. Ini dia...
1.    Babad Blambangan

2.    Babad Sembar
3.    Babad Tanah Jawa: Kisah Kraton Blambangan-Pajang
Saya terkejut ketika memeriksa sebuah situs jual-beli online berskala internasional. Saya menemukan buku-buku tersebut dijual di sana oleh seseorang. Orang Prancis! Ironi, bukan? Buku karya anak bangsa dimiliki orang asing. Lalu ia jual kepada orang dari mana buku itu berasal. Melihat harganya pun saya ciut nyali. Sekian Euro, jika dirupiahkan mungkin saya akan butuh beberapa tahun mengumpulkan uangnya.
Saya benar-benar berharap naskah-naskah kuno seperti itu dilestarikan. Bukan Cuma dimuseumkan. Lebih baik dicetak ulang dengan penerjemahan dan ejaan yang sesuai dengan aturan yang berlaku saat ini. Seperti halnya Babad Tanah Jawi, Pararaton, dan beberapa babad lainnya yang sudah dikemas dalam wujud baru namun tidak mengubah substansinya. Sayang sekali, kan? Buku ada untuk dibaca, bukan cuma dipelototin di museum :-(
Jadi curhat :-D
Okelah, cukup dulu prihatin-prihatinannya. Sampai jumpa di WW minggu depan, ya. Jika teman-teman ada yang mengetahui info tentang buku-buku di atas; di mana saya bisa mendapatkannya, mohon saya dikabari. ^^ Thanks.
---------
Share WW-mu juga, yuk! Caranya:
o    Silakan follow blog Books To Share – atau tambahkan di blogroll/link blogmu.
o    Buat posting mengenai buku-buku (boleh lebih dari 1) atau segala hal yang berhubungan dengan kebutuhan bookish kalian, yang jadi inceran kalian minggu ini, mulai dari yang bakal segera dibeli, sampai yang paling mustahil dan hanya sebatas mimpi. Oya, sertakan juga alasan kenapa buku/benda itu masuk dalam wishlist kalian ya!
o    Tinggalkan link postingan Wishful Wednesday kalian di Mr. Linky (klik saja tombol Mr. Linky di bagian bawah post di blog Books To Share di sini). Kalau mau, silakan tambahkan button Wisful Wednesday di posting kalian.
o    Mari saling berkunjung ke sesama blogger yang sudah ikut share wishlistnya di hari Rabu. ^^

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

komentar
23 Maret 2016 pukul 04.40 delete

Berkunjung ke sini juga yaa http://ach-bookforum.blogspot.co.id/2016/03/wishful-wednesday-4-cita-rasa-dapur_23.html

Reply
avatar
29 Maret 2016 pukul 01.53 delete

eciee yang dapet buku sejarah nihh hhee :P
smoga trcpai cita2 buat miliki buku2 itu, mase
hee aminn

Reply
avatar

Jangan lupa tinggalkan komentar kalian, ya.
Terima kasih banyak untuk kunjungannya. :-)