Wishful Wednesday [6] – Edisi Sejarah Kotaku #3‎


Oke, sudah 3 minggu postingannya Cuma Wishful Wednesday -_- Gara-gara kebanyakan tugas kuliah, jadi belum sempat posting yang lain. Tapi ada kabar gembira minggu ini. Hadiah Giveaway Anniversary WW yang ke-4 sudah datang!! Yeaay. Buku Sang Patriot dan Dalem Tawanan Djepang tiba dengan selamat pada hari Kamis 24 Maret 2016. Senangnya.... :D
Terima kasih untuk Mbak Astrid atas hadiahnya. Semoga tahun depan menang lagi... ups :D
Baiklah sekarang saatnya baper-baperan sama buku yang jadi impian. Sama dengan dua Rabu sebelumnya, buku yang masuk wishlist minggu ini adalah buku sejarah yang berhubungan dengan Kota Jember. Bukan buku kuno sih, tapi buku ini menurutku bagus buat referensi.
Perebutan Hegemoni Blambangan

(Blurb)
Blambangan bagi kebanyakan orang masih merupakan fairytale, sebuah negeri antah brantah yang dipimpin oleh seorang raja antagonis bernama Menak Jingga musuh besar kerajaan Majapahit. Dengan menggabungkan antara sumber-sumber lokal dan VOC, buku ini mengupas mitos-mitos tentang Blambangan dan perannya dalam sejarah Indonesia khususnya setelah setengah abad terakhir kekuasaan VOC di Indonesia abad 18.
Blambangan pada periode ini telah menjadi the contested frontier. Berbagai bangsa: Jawa, Madura, Bali, Belanda, Inggris, Bugis, Mandar, Cina, Melayu--bersaing memperebutkan hegemoni Blambangan. Berbagai isu penting muncul selama periode ini. Dari konflik dan perang, resistensi dan kolaborasi, perdagangan dan penyelundupan, hingga sentimen etnis dan agama dikupas secara mendalam. Setelah perlawanan yang panjang dengan dukungan besar dari Bali, kerajaan yang tumbuh besar bersamaan dengan kerajaan Majapahit itu, akhirnya tumbang menghadapi kekuatan koalisi VOC-Jawa-Madura.
Runtuhnya kerajaan Hindu terakhir di Jawa itu, membawa perubahan penting dalam politik, ekonomi, dan kebudayaan di wilayah ini. Kehadiran VOC melenyapkan Blambangan dan melahirkan Banyuwangi. Dominasi Hindu dan Bali hilang, dan digantikan dengan Islam dan kekuasaan Barat.
Seperti biasa, jika ada teman-teman ada yang memiliki info di mana saya biasa mendapatkan buku ini, mohon kabari, ya. Thanks.
---------
Share WW-mu juga, yuk! Caranya:
o    Silakan follow blog Books To Share – atau tambahkan di blogroll/link blogmu.
o    Buat posting mengenai buku-buku (boleh lebih dari 1) atau segala hal yang berhubungan dengan kebutuhan bookish kalian, yang jadi inceran kalian minggu ini, mulai dari yang bakal segera dibeli, sampai yang paling mustahil dan hanya sebatas mimpi. Oya, sertakan juga alasan kenapa buku/benda itu masuk dalam wishlist kalian ya!
o    Tinggalkan link postingan Wishful Wednesday kalian di Mr. Linky (klik saja tombol Mr. Linky di bagian bawah post di blog Books To Share di sini). Kalau mau, silakan tambahkan button Wisful Wednesday di posting kalian.
o    Mari saling berkunjung ke sesama blogger yang sudah ikut share wishlistnya di hari Rabu. ^^

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

4 komentar

komentar
30 Maret 2016 pukul 09.17 delete

Ini buku sejarah ya.. Hemm, rasanya bakal bikin dahi berkerut pas bacanya. Amin.. amin semoga cepat punya ya..

Reply
avatar
30 Maret 2016 pukul 18.54 delete

Ciie ciee sang pecandu sejarah...
semoga bisa ketemu sama buku itu ya mas hee x-)

Reply
avatar
31 Maret 2016 pukul 01.26 delete

Amiiin amin... kalo sudah passionnya gak bakal berkerut keningnya :D paling senyum2.. hehehe

Reply
avatar
31 Maret 2016 pukul 01.32 delete

Amiiin dek. adek juga semoga ketemu sama bukunya Orhan Pamuk ya :D

Reply
avatar

Jangan lupa tinggalkan komentar kalian, ya.
Terima kasih banyak untuk kunjungannya. :-)