Wishful Wednesday [4] – Edisi Sejarah Kotaku

 Buku yang masuk wishlist-ku minggu ini bukanlah buku baru. Buku ini mungkin sudah tidak diterbitkan lagi. Kegemaranku mempelajari sejarah mendorongku untuk berusaha memiliki buku ini meskipun dalam kondisi bekas. Benar-benar pengen mengoleksinya. :-D Ini dia bukunya:
Kyai Kelana

Semua bermula dari buku Gus Dur: Biografi Singkat 1940-2009 (Muhammad Rifai, Ar-Ruzz Media: 2010) yang kubaca beberapa hari yang lalu. Di buku itu menceritakan sosok (Alm) KH. Abdurrahman Wahid beserta kehidupan beliau sejak awal hingga akhir secara ringkas. Dalam salah satu bagian, penulis menceritakan bahwa selama memperjuangkan Pancasila sebagai ideolagi persatuan bangsa, beliau memiliki seorang partner dan sahabat, yaitu (Alm) KH. Achmad Shiddiq.
Lalu pada masa mendirikan Partai PKB, salah satu tokoh yang turut mendeklarasikan partai tersebut bersama GusDur adalah (Alm) KH. Muchith Muzadi. Sebelum peristiwa itu, pada tahun 1998, para kyai sesepuh di Langitan mengadakan kesepakatan untuk meminta Presiden Suharto turun dari jabatannya. Para kyai lantas mengutus KH. Muchith Muzadi dan (Alm) KH. Yusuf Muhammad (Gus Yus) untuk menghadap Presiden Suharto perihal kesepakatan tersebut. Namun pertemuan itu tidak terjadi sebab Presiden Suharto sudah mengundurkan diri terlebih dahulu.
Membaca bagian-bagian di atas, saya merasa takjub. Para tokoh yang namanya saya tebali di atas adalah para kyai yang selama hidupnya berdomisili di Kabupaten Jember Jawa Timur, tempat saya lahir dan dibesarkan. Saya tidak menyangka bahwa para kyai tersebut memiliki peran dalam setiap peristiwa besar di negeri ini. Jember sebagai kabupaten yang saya anggap “jauh dari peradaban” ternyata juga memiliki tokoh penting dalam sejarah.
Oleh karena itu, ketertarikan saya pada sejarah memuncak. Langsung saja saya mencari buku-buku yang berkaitan dengan para kyai tersebut di google. Hingga akhirnya ketemulah buku Kyai Kelana ini. Buku yang berisi pemikiran-pemikiran KH. Muchith Muzadi, yang telah wafat beberapa bulan yang lalu di Jember.
Saya akan terus mencari dan mengoleksi buku-buku yang berkaitan dengan Kab. Jember. Tidak adil rasanya jika saya mempelajari sejarah negara atau kota nun jauh di sana, tapi saya buta akan sejarah kota sendiri, yang udaranya kuhirup tiap hari, dan tanahnya kuinjak-injak. Jadi, mohon doanya, ya, supaya saya berhasil mendapatkan buku ini dan buku-buku lainnya. ^^ Semangat!
---------
Share WW-mu juga, yuk! Caranya:
o    Silakan follow blog Books To Share – atau tambahkan di blogroll/link blogmu.
o    Buat posting mengenai buku-buku (boleh lebih dari 1) atau segala hal yang berhubungan dengan kebutuhan bookish kalian, yang jadi inceran kalian minggu ini, mulai dari yang bakal segera dibeli, sampai yang paling mustahil dan hanya sebatas mimpi. Oya, sertakan juga alasan kenapa buku/benda itu masuk dalam wishlist kalian ya!
o    Tinggalkan link postingan Wishful Wednesday kalian di Mr. Linky (klik saja tombol Mr. Linky di bagian bawah post di blog Books To Share di sini). Kalau mau, silakan tambahkan button Wisful Wednesday di posting kalian.
o    Mari saling berkunjung ke sesama blogger yang sudah ikut share wishlistnya di hari Rabu. ^^

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Jangan lupa tinggalkan komentar kalian, ya.
Terima kasih banyak untuk kunjungannya. :-)