[Spesifikasi Buku] F.KIKAN by Fujiwara Iwaichi


Spesifikasi dan blurb buku ini saya posting dengan tujuan untuk memudahkan para pembaca yang menginginkan informasi tentang buku di bawah ini. Sebab bisa saja informasi tentang buku tersebut sangat sulit didapat disebabkan buku yang diinginkan termasuk dalam kategori buku langka. Semoga secepatnya saya bisa memposting resensinya :-)
------------------------------


Judul            : F.KIKAN: Operasi Intelijen Tentara Jepang di Asia Tenggar Selama
                     Perang Dunia ke II
Penulis         : Fujiwara Iwaichi
Penerjemah   : Gyani Buditjahja
Penerbit       : Pustaka Sinar Harapan
Cetakan        : Pertama/ 1988
Ukuran         : 21 x 14 cm
Tebal            : 378 halaman
Kertas          : Bookpaper, Soft cover
ISBN            : 979-416-005-9
Harga           : Bekas: ± Rp 50.000,-
[BLURB]
Mayor Jenderal Fujiwara Iwaichi diberi tugas rangkap yakni mengorganisasi cabang-cabang Liga Kemerdekaan India di wilayah-wilayah yang diduduki bala tentara Jepang dalam Perang Dunia Kedua, dan membentuk Tentara Nasional India.
Beberapa minggu sebelum serangan Jepang berikutnya ke wilayah-wilayah jajahan Inggris di Asia Tenggara, diambil dua keputusan penting dalam pembicaraan antara Staf Jenderal Kekaisaran Jepang, Deputi Menteri Luar Negeri Jepang, dan wakil India Rash Behari Bose: Orang India, sekalipun tunduk kepada Inggris namun tidak diperlakukan sebagai musuh di wilayah-wilayah jajahan; dan sebuah Tentara Nasional India harus dibentuk dan tentara-tentara India yang kalah untuk memperjuangkan kemerdekaan India.
Oleh karena itu, sebuah kantor perhubungan Jepang, Fujiwara (F.Kikan) didirikan pada tahun 1941 di bawah pimpinan Fujiwara Iwaichi, seorang perwira intelijen Jepang yang kenamaan. Buku ini merupakan terjemahan dari kisah Jenderal Fujiwara sendiri tentang peranan yang dimainkannya dalam pelaksanaan rencana tersebut di atas, dan tentang pengalamannya sebagai seorang saksi pembelaan dalam pengadilan militer setelah Perang Dunia Kedua berakhir.
Pada tahun 1941 Iwaichi Fujiwara menjadi mayor yang muda usia di cabang intelijen Tentara Kekaisaran Jepang. Keberhasilannya dalam melakukan operasi F. Kikan di Asia Tenggara dan membentuk Negara Nasional India membuat namanya menjadi terkenal di banyak negara. Setelah perang ia menjadi letnan jenderal di Markas Pertahanan Jepang dan sekarang purnawirawan. Ia memimpin Fujiwara Asia Research Institute di Tokyo.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Jangan lupa tinggalkan komentar kalian, ya.
Terima kasih banyak untuk kunjungannya. :-)